Dukungan Komunikasi Program Afirmasi Perlindungan Sosial Orang Asli Papua (OAP)

Program Afirmasi Perlindungan Sosial Orang Asli Papua di Provinsi Papua Barat, merupakan replikasi dari Program BANGGA Papua di Provinsi Papua. Program ini telah diluncurkan bersamaan dengan PROSPPEK pada November 2019, tetapi belum diimplementasikan di lapangan. Dukungan komunikasi diberikan mengingat besarnya kesenjangan antara ketersediaan program perlindungan sosial dengan kesiapan OAP dalam mengakses dan memanfaatkan berbagai bentuk perlindungan sosial yang disediakan oleh pemerintah.

*Beberapa foto diambil sebelum pandemi

(Silahkan Scroll ke bawah)

Seorang Ibu menerima dana BANGGA Papua di Distrik Pulau Tiga, Asmat. BANGGA Papua merupakan program inisiatif Pemprov Papua yang memaksimalkan pemanfaatan Dana Otsus untuk meningkatkan SDM orang asli Papua, melalui peningkatan gizi dan kesehatan anak.

Foto: Muammar Karim

Dukungan komunikasi Program Afirmasi Perlindungan Sosial Orang Asli Papua menjangkau semua komponen masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan dan partisipasi masyarakat terkait kualitas kesehatan dan kesejahteraan hidup anak dan lansia serta akses berbagai layanan publik.

Foto: Syaifullah

Dukungan komunikasi Program Afirmasi Perlindungan Sosial Orang Asli Papua memberikan informasi kepada masyarakat tentang cara dan syarat mengakses beragam layanan dan program perlindungan sosial, termasuk layanan kesehatan dan peningkatan gizi anak.

Foto: Yusuf Wahil/Yayasan BaKTI

Dukungan komunikasi Program Afirmasi Perlindungan Sosial Orang Asli Papua pada kegiatan BANGGA Papua mengedukasi penerima manfaat tentang pentingnya gizi anak. Mereka pun berinisiatif menggunakan dana untuk memiliki sumber pangan bergizi seperti menanam sayur dan memelihara ayam untuk memperoleh telur dan dagingnya.

Foto: Yusuf Wahil/Yayasan BaKTI

Kabupaten Asmat, Kabupaten Boven Digul, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Nabire, Kabupaten Kaimana, Kabupaten Sorong, Kabupaten Manokwari Selatan, Kabupaten Fakfak